Friday, May 27, 2011

Apa Beda MLM dengan Money Game

MLM beda dengan money game yang sering menamakan dirinya sebagai MLM, Sebenarnya money game disebut juga sebagai sistem penjualan piramid dimana sistem ini ilegal, kenapa? karena tidak ada perpindahan produk atau jasa yang bisa dinikmati. Saat ini MLM di Indonesia mempunyai wadah yaitu APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia.

Banyak teman-teman yang berpikir bahwa MLM menjual produk murah dengan harga mahal. Dalam hal ini kalau kita mengatakan mahal atau murah tentunya ada yang dibandingkan dan apakah memang perusahaan MLM melakukan hal tersebut.

Kalau kita mau menelusuri sebenarnya harga produk yang terjadi dari sistem pemasaran konvensional setelah dari pabrik mengerluarkan harga pokok produksi sebelum terjadi harga konsumen sebelumnya ditambahkan keuntungan untuk distributor besar terus keuntungan untuk agen, kemudian keuntungan buat grosir, terus ke pengecernya. Belum lagi ketika pabrik melakukan promosi di TV, majalah, iklan, armada transport dan biaya-biaya lain untuk menarik biaya konsumen.

Sehingga kalau kita faham akan hal di atas, kita akan tahu kalau bisnis MLM tidak jauh beda dengan bisnis konvensional lainnya. Lalu, apakah anda masih ragu dengan bisnis MLM? Sebuah kesalahfahaman yang terjadi terhadap MLM membuat banyak orang alergi terhadap MLM. Memang ada baiknya kita menelaah dulu sistem atau marketing plannya apakah ini MLM atau money game. Sebelum kita menyatakan sebuah bisnsi itu money game maka lihatlah perbedaanya seperti yang saya sebutkan di atas.

No comments: