Sunday, May 8, 2011

Mengenal Kanker Serviks lebih jauh

Kanker Serviks disebut juga kanker leher rahim atau kanker mulut rahim. Jenis kanker ini sangat sulit dideteksi namun sangat banyak menyerang wanita. Untuk itu bagi anda kaum wanita ada baiknya mengenal kanker serviks lebih jauh.

Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Kanker ini bisa menyebar

Proses terjadinya kanker ini dimulai dengan sel yang mengalami mutasi lalu berkembang menjadi sel displastik sehingga terjadi kelainan epitel yang disebut displasia. Dimulai dari displasia ringan, displasia sedang, displasia berat, dan akhirnya menjadi karsinoma in-situ (KIS), kemudian berkembang lagi menjadi karsinoma invasif. Tingkat displasia dan KIS dikenal juga sebagai tingkat pra-kanker. Dari displasia menjadi karsinoma in-situ diperlukan waktu 1-7 tahun, sedangkan karsinoma in-situ menjadi karsinoma invasif berkisar 3-20 tahun.

Di Indonesia, setiap satu jam, satu wanita meninggal karena kanker serviks. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu. Mengingat fakta yang mengerikan ini, maka berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dibuat untuk mengatasi kanker serviks atau kanker leher rahim.
 
Mengingat begitu berbahayanya kanker ini sehingga perlu kesadaran para wanita untuk mencegah kanker serviks ini. Banyak cara mencegah kanker ini salah satunya adalah dengan menggunakan golden tissue.

No comments: