Sunday, March 13, 2011

Gempa Jepang 1.000 Kali Lebih Kuat dari Gempa 1995


Pada tanggal 11 Maret 2011 Jepang telah dikagetkan lagi dengan gempa yang sangat dahsyat dan lebih dahsyat dari gempa sebelum sebelumnya yang pernah terjadi di Jepang. Dari artikel yang saya petik menyatakan bahwa rakyat Jepang mengenal salah satu gempa terdahsyat sepanjang sejarah negeri matahari terbit, yaitu gempa Kobe tahun 1995. Gempa berkekuatan 7,3 SR itu menewaskan sekitar 6.000 penduduk prefektur tersebut maupun wilayah sekitarnya.

Saking kuatnya gempa yang berpusat di darat dengan kedalaman 16 Km, rakyat Jepang menyebutnya Great Hanshin-Awaji Earhquake. Namun, kini Jepang dilanda gempa yang lebih dahsyat lagi, yang terjadi di Prefektur Miyagi, Jepang bagian utara. Gempa di Jepang ini mempunyai kekuatan 9 SR

Peneliti dari Institut Penelitian Gempa Bumi Tokyo, Satoko Oki, mengatakan, gempa Miyagi diperkirakan mendekati 1.000 kali lebih kuat dibandingkan gempa Kobe, 500 km arah selatan Tokyo. Secara magnitute pun, gempa terakhir mempunyai kekuatan 9 SR.

Menurut Satako seperti dikutip dari japantimes.com, Minggu (13/3/2011), gempa disebabkan oleh adanya retakan di antara lempeng pasifik dan Amerika Utara. Retakan di dasar laut itu memicu terjadinya gelombang tsunami setinggi 10 meter yang menyapu kawasan pantai timur Jepang.

"Magnitute 8.8 (kini direvisi menjadi 9) benar-benar sebuah gempa besar. Ini juga merupakan gempa terbesar yang pernah diukur di sekitar Jepang," katanya.

Sekadar informasi, pasca gempa mematikan di Kobe, Jepang mendirikan Disaster Reduction and Human Renovation Institution (DR-HRI). DR-HRI menempati sebuah gedung bertingkat menghadap laut Kobe. Di sebelah kanannya, terdapat gedung Asian Disaster Reduction Center (ADRD), yang beranggotakan 28 negara di Asia.

Didirikan tahun 2002 atau 7 tahun pasca gempa, DRI-HRI memiliki 6 bagian utama. Bagian-bagian itu antara lain museum, pelatihan manajemen penanganan gempa, serta penelitian untuk pengendalian risiko bencana dan pengembangan ahli. DHI-HRI mempekerjakan para korban gempa sebagai karyawan.

16 Tahun berlalu, masyarakat Kobe telah pulih dari rasa traumatis akibat gempa dahsyat tersebut. Gedung-gedung bertingkat sudah banyak berdiri megah di kota pelabuhan tersebut. Infrastruktur dan jaringan transportasi terlihat sangat memadai.

Semoga para korban yang ditinggalkan bisa tabah, kita sebagai sesama manusia turut berbela sungkawa.
Sumber : detiknews.com

No comments: