Tuesday, June 14, 2011

5 Tahapan Dalam Membangun Bisnis Internet

Secara umum, ada 5 Tahapan yang mesti dilakukan jika kita ingin sukses melakukan bisnis internet. 5 Tahapan ini berlaku jika kita ingin menjalankan bisnis produk sendiri secara online, maupun menjual produk orang lain juga secara online (affiliate program). Adapun 5 tahapan membangun bisnis internet tersebut adalah :

 1. Menetapkan ide Bisnis
Sebelum kita terjun kita harus menetapkan ide bisnis internet dulu. Apabila anda sudah menentukan ide bisnis anda bisa fokus pada ide bisnis tersebut. Untuk mendapatkan ide bisnis Anda bisa dapat ide bisnis dari pergaulan sehari-hari, melihat berita di media massa, atau mengikuti forum-forum diskusi, seminar, dsb.Anda juga bisa dapat ide dari apa yang dibutuhkan orang saat ini. Ide juga bisa muncul dari hobi anda, keahlian anda, latar belakang pendidikan anda, atau minat anda terhadap suatu permasalahan.


Satu hal yang istimewa di bisnis online, jika anda tidak punya ide sama sekali, sementara anda ingin berbisnis, maka internet bisa menunjukkan anda jalan keluarnya. Misalnya anda ingin menjadi seorang affiliate marketing berarti fokus anda adalah belajar bagaimana menjadi seorang ahli affiliate marketeng. Menjadi seorang affiliate marketing tidak perlu keahlian khusus.


2. Melakukan Riset Pasar.


Setelah anda menentukan ide bisnis internet anda. Anda bisa langsung melakukan riset pasar. Riset di bisnis online berguna untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar produk anda. Atau produk affiliate anda.Jika kita melakukan riset lewat google atau website analisa khusus, maka kita bisa tahu berapa ribu orang calon pencari produk kita dalam sebulan. Karena setiap orang yg pergi ke internet banyak mengetikkan sesuau di google.com misalnya, maka secara otomatis robot google merekam topik apa yg banyak dicari orang dalam sebulan.

3. Menyiapkan bahan-bahan Berbisnis.


Setelah anda menentukan ide bisnis anda dan melakukan riset pasar tehadap ide bisnis anda. Anda perlu menyiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis internet anda. Tentu saja sesuai dengan bisnis yang anda pilih atau yang sudah anda persiapkan pada langkah satu dan dua.

Di toko online, bahan utama yang kita perlukan sebagai isi toko adalah  tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang toko (website ) kita. Bahan lain yg diperlukan yaitu gambar-gambar yg menunjang ide toko kita, video yg menggambarkan produk kita (tidak wajib), dan terakhir adalah produk apa yg ingin di jual sebagai inti sumber penghasilan kita, dan juga persiapan-persiapan lainnya yang anda perlukan sesuai jenis bisnis anda.

4. Membuat Website.


Langkah ke empat adalah menyiapkan website bisnis anda. Hal ini penting agar bisnis anda terlihat profesional dimata pelanggan anda. Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan. Tak perlu NPWP, tak perlu ijin usaha seperti TDP, SIUP, dan sebagainya. Membuat website memang memerlukan keahlian khusus. Tenang saja, apabila anda merasa kesulitan membuat website anda tidak perlu pusing, anda tinggal menyewa programer untuk membuatkannya untuk anda. Tinggal cari saja situs-situs yang menyediakan layanan tersebut.

5. Melakukan Promosi.

Bagian terakhir adalah melakukan promosi. Hal ini sangat penting karena apa gunanya anda memiliki website yang bagus tetapi tidak bisa mendatangkan pengunjung ke website anda. Sehingga kita harus melakukan promosi, dengan promosi website bisnis kita akan dikenal oleh orang banyak. Pengunjung atau dikenal juga dengan traffik berbanding lurus dengan penjulanan. Jadi, semakin bnayak pengunjung semakin banyak juga penjualan.

Kalau anda adalah seorang pemula dan tidak tahu bagaimana cara promosi. Saya telah membuatkan ebook khusus pemula yang saya beri judul panduan promosi lengkap yang bisa anda download secara gratis. Disana sudah saya sajikan panduan-panduan bagaimana berpromosi secara lengkap di internet.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat, Ayo berwira usaha di internet :-)

No comments: