Friday, June 17, 2011

Orang Sukses Itu Punya Tujuan

Kepribadian orang sukses yang pertama adalah mempunyai tujuan, tanpa tujuan, orang tidak akan mampu mencapai kebahagiaan. Tanpa kebahagiaan berarti hidup manusia sama dengan mayat berjalan atau zombie. Bagaimana dengan anda? Apa tujuan yang anda tetapkan untuk diri Anda? Bagaimana cara mencapai tujuan?

Membuat berbagai rencana adalah keterampilan utama yang harus dilakukan dan menetapkan tujuan adalah sangat penting bagi anda. Apabila kita mau sukses sebenarnya kita sendiri yang harus mengusahakannya. Kita harus bisa merencanakannya menurut cita rasa diri kita sendiri. Kita bebas menentukan arah kesuksesan kita tanpa harus menunggu emas turun dari langit. Dan untuk menuju kesuksesan maka titik tolaknya adalah dengan menetapkan tujuan.

Coba saja kita lihat perbandingannya antara orang yang bekerja dengan perencanaan yang matang disertai dengan tujuan yang realistis dengan orang yang asal bekerja saja tanpa perencanaan tujuan yang ingin diraih. Orang yang bekerja tanpa perencanaan dan tujuan pasti akan bekerja tidak efektif dan tidak efesien serta cendrung gagal.

Dengan demikian, memiliki tujuan hidup itu merupakan dasar untuk hidup sukses, dengan demikian tanpa tujuan kita tidak memiliki dasar untuk menyatakan tercapai atau tidaknya hidup sukses, karena sukses adalah pencapaian tujuan tertentu. Tujuan itupun banyak ragamnya, dan itu tergantung kepada kecendrungan dan keinginan kita sendiri.

Dengan kata lain, penetapan tujuan adalah masalah asasi dari hidup kita sebagai manusia. Kita hidup di dunia ini ibarat perjalanan dan perjalanan itu pasti punya tujuan. Kalau hidup kita ini tidak punya tujuan pasti kita akan di ombang ambingkan zaman. Ditendang ke sana kita turuti, ditendang ke sini kita manut. Akibatnya, kita hanya akan menjadi bulanan buldoser kehidupan yang begitu kejam mengoyak ngoyak badan kehidupan kita. Apa seperti ini kehidupan kita? tentu saja anda tidak mau seperti ini bukan? Maka dari itulah mari tetapkan tujuan hidup anda.

No comments: