Wednesday, February 23, 2011

Penyebab Kegagalan Bisnis MLM


Bisnis Multi Level Marketing (MLM) akan membuat kita sukses apabila kita bisa menjalankannya dengan baik, bahkan bisa membuat kita menjadi jutawan jutawan meski dalam usia muda. Namun, tidak sedikit yang gagal pada Bisnis MLM ini. ada banyak faktor yang mempengaruhi. Saya akan sebutkan beberapa saja di sini.



1. Menganggap MLM adalah bisnis yang tidak memerlukan kerja keras 

MLM memang suatu bisnis dengan konsep sederhana, namun kita tetap perlu kerja keras untuk bisa sukses didalamnya. Tetapi yang lebih mengasyikkan kita tidak selamanya harus kerja keras, kita hanya perlu kerja keras diawal. Meskipun begitu kita tetap harus bekerja keras, tidak  ada yang sukses dalam waktu semalam dalam bisnis apapun. Para distributor MLM yang sukses mendapat ratusan juta perbulan pasti telah melakukan kerja keras dan pernah merasakan keangalan. Jadi bekerja keraslah, anda akan menikmati hasilnya.

2. Tidak memiliki tujuan yang jelas dalam berbisnis MLM

Ketika anda ingin memulai sesuatu pasti awalnya kita memiliki tujuan dulu, karena dengan adanya tujuan apa yang anda lakukan jadi terarah dan jelas, sehingga anda bisa lebih fokus melakukannya. Sama halnya dalam memulai bisnis, tentukan dulu apa tujuan kita, ini sangat penting. Jadi, tentukanlah tujuan anda ketika anda memulai berbisnis MLM, apa tujuan anda? apakah anda ingin kaya? ingin sukses? atau hanya sekedar ikut ikutan. Tujuan itulah yang akan mengarahkan langkah anda. Dan jangan lupa ingatkan diri anda selalu untuk segera mencapai tujuan anda. Misalnya tujuan anda ingin kaya sehingga dapat membahagiakan keluarga, maka ingatkan diri anda setiap hari akan hal ini. Maka anda pun akan selalu bersemangat menjalani bisnis itu.

3. Tidak Fokus dan komitmen dalam menjalankannya.


Yang saya maksudkan di sini adalah tidak memiliki fokus pada satu bisnis, tetapi memiliki bisnis lainnya juga. Sehingga perhatiannya terbagi. Misalnya, selain ikut bisnis MLM yang satu dia mengikuti bisnis lain. Hal ini akan sangat mengganggu karena ketidakfokusan tidak membuat kesuksesan. Kita harus menyadari keterbatasan kemampuan kita, bukan berarti kita tidak percaya akan kemampuan kita, memiliki lebih dari satu bisnis yang sama sama belum berkembang akan membuat kita harus membagi waktu kita, sehingga secara otomatis penghasilan yang kita dapatkan juga akan terbagi. Masih untung kalau sama sama menghasilkan bagaimana kalau sama sama gagal. Apalagi memiliki 2 jenis bisnis yang serupa misalnyua sama sama bisnis MLM. Ini bahkan akan membuat bingung member anda, mau mengikuti bisnis yang mana.


4. Tidak memiliki mentor yang bisa memberikan semangat dan patut ditiru.

Menurut saya ini adalah faktor yang sangat penting dari bisnis MLM, sebagai contoh saya pernah ikut MLM karena tidak memiliki mentor yang semangat, memberikan arahan sehingga saya akhirnya gagal. Jelas kita perlu support dari mentor, jadi carilah bisnis MLM yang anda benar2 di support oleh uplinenya atau mentor. kita perlu kerja sama, tidak ada yang mau berbisnis sendiri.

5. Tidak memiliki kepercayaan diri untuk sukses

Merasa diri tidak mampu menjalankannya atau kurangnya kepercayaan diri untuk sukses. Percaya diri sangat penting, itu tidak hanya untuk bisnis MLM tapi juga bisnis yang lainnya. Percaya diri di sini juga bisa dilihat dari cara kita menyampaikan informasi tentang produk MLM atau di kenal dengan presentasi, kalau kita tidak percaya diri bagaimana prosfek akan percaya kepada kita. Kepercayaan terhadap diri sendiri sangat penting, karena dapat menumbuhkan sebuah kekuatan pada diri kita.

6. Kekurangan pengetahuan untuk sukses dan pengetahuan mengenai bisnis MLM itu sendiri

Anda perlu kemanpuan dan pengetahuan dalam menjalankan bisnis MLM. Anda perlu dukungan ilmu yang kuat, oleh karena itu anda harus belajar dan belajar bagaimana menjadi sukses, bacalah buku buku tentang bagaimana meraih sukses. Selain buku untuk meraih sukses anda juga harus memiliki pengetahuan tentang bisnis MLM itu sendiri, bagaimana marketing plannya, bagaimana produknya. Jangan sampai ketika anda mengajak orang lain, anda kebingunang ketika di tanya.

Demikianlah beberapa penyebab tentang gagalnya bisnis MLM masih banyak penyabab kegagalan bisnis MLM yang tidak saya sebutkan di sini dan bisa anda tambahkan sendiri. Semoga bermanfaat.

No comments: